Search

Pendirian Yayasan dan Pelaksanaannya

Yayasan merupakan sebuah badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukan untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial, kegamaan, dan kemanusiaan, yang tidak memiliki anggota.

Pendirian Yayasan
Ilustrasi : Pendirian Yayasan (sumber : medium.com)

Yayasan memiliki organ yang dimana didalamnya terdiri atas pembina, pengurus dan pengawas.


Dalam pendirian sebuah Yayasan, perbuatan hukum yang dilakukan oleh pengurus atas nama Yayasan sebelum Yayasan memperoleh status badan hukum menjadi tanggung jawab pengurus secara tanggung renteng.


Ada beberapa tahapan dalam proses pendirian Yayasan menjadi sebuah badan hukum,

beberapa tahapan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Pendirian Yayasan didirikan oleh satu orang atau lebih dengan memisahkan Sebagian harta kekayaan pendirinya, sebagai kekayaan awal. Pendirian ini harus dilakukan dengan akta notaris dan dibuat dalam Bahasa Indonesia. Dalam pembuatan akta pendirian Yayasan, pendiri dapat diwakili oleh orang lain berdasarkan surat kuasa.

  2. Pengesahan Yayasan memperoleh status badan hukum setelah akta pendirian Yayasan memperoleh pengesahan dari Kemenkumham, untuk memperoleh pengesahan tersebut pendiri atau kuasanya mengajukan permohonan kepada Kemenkumham melalui notaris yang membuat akta pendirian Yayasan tersebut dan notaris wajib menyampaikan permohonan pengesahan kepada kemenkumham dalam jangka waktu paling lambat 10 (sepuluh) hari terhitung sejak tanggal akta pendirian yayasan tersebut ditandatangani. Dalam proses pengesahan Kemenkumham dapat meminta pertimbangan dari instansi terkait dalam jangka waktu paling lambat 7 (tujuh) hari terhitung sejak tanggal permohonan diterima secara lengkap. Instansi terkait wajib menyampaikan jawaban dalam jangka waktu paling lama 14 (empat belas) hari terhitung sejak tanggal permintaan pertimbangan diterima. Pengesahan terhadap permohonan badan hukum Yayasan tersebut diberikan atau ditolak dalam jangka waktu paling lama 30 (tiga puluh) Hari terhitung sejak tanggal permohonanditerima secara lengkap.

  3. Pengumuman Akta pendirian Yayasan yang telah di sahkan sebagai badan hukum atau perubahan anggaran dasar yang telah disetujui oleh Kemenkumham atau telah diberitahukan wajib diumumkan dalam tambahan Berita Negara Republik Indonesia (BNRI). Pengumuman tersebut dilakukan oleh Kemenkumham dalam jangka waktu paling lambat 14 (empat belas) hari terhitung sejak tanggal akta pendirian yayasan disahkan atau perubahan anggaran dasar disetujui atau diterima oleh Kemenkumham.




Dasar Hukum:
Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 Tentang Yayasan
Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 Tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang yayasan.



2 views0 comments